Breaking News

Hal yang Perlu kita Tahu Jika kita Menggunakan Insulin Suntik

Penderita diabetes pasti disarankan untuk merealisasikan pola hidup sehat dan rutin memakai obat supaya kadar gula darahnya terkendali. Akan tetapi, saat gula darah tetap melonjak (setelah dievaluasi masing-masing 3 bulan dengan pengecekan darah HbA1c) walau telah diserahkan obat, maka seringkali pilihan penyembuhan selanjutnya ialah insulin suntik.

Bagi kita yang disarankan untuk menyuntik insulin, ketahui dulu apa yang mesti dilaksanakan dan yang dipantang saat menggunakan insulin suntik ini.

Berbagai urusan yang mesti dilaksanakan dan dipantang saat menyuntik insulin
Suntik insulin akan dilaksanakan sendiri oleh diabetesi di rumah. Biasanya dokter bakal mengajari dan menyerahkan panduan kesatu kali berhubungan apa saja yang mesti dilaksanakan saat mesti menyuntik insulin sendiri. Namun, ada tidak sedikit hal urgen yang tidak jarang terlupakan saat menggunakan suntikan insulin. Padahal, kekeliruan saat suntik insulin dapat berdampak fatal untuk kesehatan, dapat saja gula darah kita menjadi paling rendah atau bahkan tinggi.

Maka dari itu, ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan saat memakai insulin suntik, apa saja?


1. Simpan insulin di lokasi yang tepat

Anda tidak dapat menyimpan suntikan insulin kita di sembarang tempat. Pasalnya, obat ini membutuhkan suhu yang tepat supaya tidak rusak. Insulin melulu dapat bertahan sebulan bila ditabung di suhu ruangan antara 15-30 derajat celcius. Akan lebih bertahan lama bila insulin di simpan di lemari pendingin.

Insulin yang belum tersingkap (masih tersegel) bila ditabung di dalam lemari pendingin bisa bertahan sampai masa kedaluwarsa insulin habis. Namun, bila insulin sudah dibuka, meski ditabung di dalam lemari es, melulu dapat bertahan sekitar satu bulan saja. Letakkan insulin di dalam kotak yang tertutup rapat dan lantas dapat kita simpan di lemari dingin.

2. Menyuntik insulin tak dapat di sembarang tempat

Anda tidak dapat menyuntikkan insulin ke sembarang unsur di tubuh Anda. tidak sama laksana suntikan obat beda yang mesti masuk ke dalam pembuluh darah, suntikan insulin mesti tentang jaringan lemak tubuh Anda.

Maka dari itu, insulin dapat disuntikkan ke sejumlah titik tubuh yang mempunyai lapisan lemak lumayan tebal, seperti, perut, paha, dan lengan. Dengan masuk ke dalam lapisan lemak, insulin bakal lebih gampang dan cepat diserap oleh tubuh.

3. Selalu suntik insulin di lokasi yang sama

Pastikan kita tetap konsisten dalam menyuntik insulin ke unsur tubuh tersebut. Maksudnya, andai suntikan insulin pagi Anda kerjakan di unsur paha, maka suntikan keesokan paginya pun lebih baik di paha. Atau suntikan insulin guna malam hari, biasa Anda kerjakan pada perut, maka terus saja kerjakan suntikan insulin eksklusif malam hari di unsur perut, tidak boleh berpindah-pindah. Hal ini ternyata memengaruhi penyerapan insulin.

Akan tetapi, andai akan menyuntik insulin lagi di lokasi yang sama, beri jarak selama satu jari dari unsur tubuh tersebut, supaya jaringan lemak tidak menjadi kaku.

4. Pastikan menyerahkan jenis insulin yang tepat di masa-masa yang tepat

Suntikan insulin seringkali memang diberikan sejumlah jenis, cocok dengan takaran dan masa-masa pemberiannya. Insulin jenis long-acting seringkali digunakan malam hari, sebab jenis insulin ini dapat mengawal gula darah dalam masa-masa yang lumayan lama, yakni lebih dari 12 jam.

Sementara, di siang hari, kita akan diserahkan insulin jenis short-acting yang dapat menjaga kadar gula darah sampai 5-8 jam. Biasanya, insulin jenis ini akan diserahkan 30-60 menit sebelum makan.

Pemberian insulin yang salah di jam yang salah, dapat mengakibatkan kadar gula darah kita menjadi tidak terkendali. Misalnya saja, kita salah menyuntikkan insulin long-acting malah ketika siang hari sebelum makan, urusan ini dapat mengakibatkan kadar gula darah justeru turun dan berisiko hipoglikemia. Sebaliknya, eskalasi gula darah yang menyeluruh (hiperglikemia), juga dapat terjadi dampak kesalahan pemberian insulin.

5. Perhatikan pun asupan makanan Anda

Menggunakan suntikan insulin ialah salah satu upaya supaya gula darah kita terjaga dengan baik. Namun bukan berarti dengan penyembuhan insulin dengan kata lain Anda dapat bebas santap apapun yang kita mau. Pola santap tetap mesti dipertahankan supaya tetap sehat dan rendah gula.

Anda pun dapat memakai jenis pemanis non-gula yang rendah kalori dan berisi kromium. Kromium ialah zat mineral yang bisa mempercepat respon insulin terhadap gula darah sampai-sampai kadar gula darah bisa terkendali dengan baik.

Tidak ada komentar