Breaking News

Posisi Duduk yang Benar guna Pekerja Kantoran Agar Tidak Cepat Capek

Duduk bekerja seharian di depan komputer dari pagi sampai sore dapat membuat otot kaku dan membahayakan kesehatan Anda. Bagi menangkal sekian banyak  potensi masalah ini, Anda butuh tahu laksana apa posisi duduk yang benar sekitar bekerja. Posisi duduk yang baik dapat menolong meningkatkan konsentrasi, menghindari sakit punggung, sampai meningkatkan keyakinan diri.

Bagaimana posisi duduk yang benar?

Menemukan posisi duduk yang benar mewajibkan Anda guna mengikuti sejumlah langkah sederhana. Ulangi langkah-langkah ini dapat menolong tubuh kita beradaptasi dengan posisi duduk yang baik.

Pertama, mulailah dengan duduk di ujung kursi Anda. Gulung bahu dan leher kita ke depan ke posisi membungkuk. Kemudian, perlahan tarik kepala dan bahu kita ke posisi duduk tegak. Dorong punggung bawah kita ke depan dan condongkan lengkungan tulang belakang Anda. Ini barangkali akan terasa laksana dipaksakan dan tidak nyaman, namun tahan posisi ini selama sejumlah detik.

Lepaskan posisi duduk ini perlahan, dan tahan punggung Anda. Saat ini Anda telah duduk dalam posisi postur yang baik.

Jika kursi kantor kita tidak mempunyai penopang guna tulang punggung bawah, Anda dapat selipkan bantal kecil salah satu kursi dan punggung bawah Anda. Alat penyokong ini akan menolong Anda menjaga postur tubuh yang baik.

Yang lantas harus Anda kerjakan adalah:


1. Sesuaikan kursi Anda

Gerakkan kursi kita ke atas atau ke bawah hingga kaki kita sejajar dengan lantai dan lutut kita bahkan dengan pinggul Anda. Lengan Anda mesti sejajar dengan lantai juga.

Kaki Anda mesti menjangkau lantai. Jika tidak, pakai kursi atau sandaran kaki guna mengusung kaki supaya kaki kita tidak menggantung.

Letakkan siku kita di samping dan rentangkan kedua tangan Anda sampai-sampai berbentuk L. Lengan yang ditaruh terlalu jauh dari tubuh Anda dapat menambah desakan pada otot di lengan dan bahu Anda.

2. Letakkan kaki di lantai

Pastikan berat badan kita menyebar secara merata di semua pinggul Anda. Tekuk lutut kita pada sudut yang tepat.

Kaki Anda mesti rata dengan lantai. Jika kita mengenakan sepatu dengan hak tinggi, lebih nyaman andai Anda melepasnya. Jika kaki kita tidak dapat mencapai lantai, pakai sandaran kaki.

Hindari duduk dengan kaki disilangkan, sebab dapat meminimalisir aliran darah dan mengakibatkan ketegangan otot.

3. Jarak layar dan pandangan Anda

Dari posisi duduk Anda, posisikan layar langsung di depan Anda. Rentangkan lengan kita dan sesuaikan jarak layar lumayan jauh.

Di samping itu, sesuaikan seberapa tinggi layar komputer Anda. Bagian atas layar komputer mesti tidak lebih dari dua inci di atas tingkat mata Anda. Layar komputer yang telalu rendah atau terlampau tinggi dapat memberi beban pada leher dan mata Anda.

Anda juga dapat menyesuaikan tinggi layar komputer dengan menggunakan kitab sebagai andalan komputer. Sesuaikan tebal kitab dengan tinggi layar komputer yang pas guna Anda.

4. Posisikan keyboard dan mouse dengan benar

Keyboard Anda mesti berada tepat di depan komputer Anda. Sisakan 4-6 inci salah satu ujung keyboard kita dan meja sampai-sampai pergelangan tangan kita mempunyai ruang guna beristirahat ketika Anda mengetik.

Jika keyboard kita tinggi dan Anda mesti memiringkan pergelangan tangan Anda guna mengetik, cari sandaran tangan yang empuk. Bantalan pergelangan tangan dapat menolong memposisikan tangan rata dengan keyboard Anda. Ketegangan ketika mengetik bisa menyebabkan keletihan otot dan rasa sakit.

Di samping itu, posisikan mouse kita sejajar dengan keyboard dan mesti gampang untuk dijangkau. Saat Anda memakai mouse, pergelangan tangan Anda mesti lurus. Lengan atas mesti sedang di samping kita dan tangan Anda mesti tidak banyak di bawah siku Anda. Posisi ini menolong mencegah ketegangan pada pergelangan tangan.

5. Letakkan benda yang sering dipakai dalam cakupan Anda

Benda yang tidak jarang Anda pakai seperti stapler, telepon, notes atau lainnya, usahakan letakkan dekat dengan Anda ketika Anda sedang duduk. Peregangan ketika Anda memungut benda-benda itu Anda butuhkan untuk mengajar otot.

6. Gunakan headset

Jika kita menghabiskan tidak sedikit waktu di telepon dan mengetik atau menulis, usahakan pakai loudspeaker pada posel Anda. Namun, bila tersebut tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan headset. Hal ini dilaksanakan untuk meminimalisir otot kaku, nyeri dan bahkan kehancuran ligamen dampak menekuk leher guna menopang ponsel.

Jangan tak sempat bangkit dan istirahatkan tubuh Anda
Duduk dalam jangka masa-masa yang lama dapat meminimalisir aliran darah dan mengakibatkan otot kelelahan. Bagi mencegahnya, berikan tidak banyak waktu guna istirahat. Anda dapat berdiri sebentar dan regangkan badan kita (Contek sekian banyak  jenis peregangan simpel yang dapat Anda kerjakan di kantor).

Atau, jalan-jalanlah sebentar. Misalnya guna ke toilet atau isi air minum. Hal ini bermanfaat untuk pulang melancarkan aliran darah sesudah duduk terlampau lama. Jika bisa, ambillah masa-masa istirahat guna meregangkan tubuh minimal 1-2 menit masing-masing 30 menit.

Tidak ada komentar