Breaking News

8 Cara Untuk Mengetahui Harga Properti Yang Hendak Kita Beli

Ada 8 cara untukmengetahui harga properti yang mau kita beli, sehingga sanggup memudahkan kita dalam menawarnya. Ini merupakan beberapa cara umum yang sanggup dikombinasikan dengan kondisi di tiap daerah. Beberapa cara mungkin hanya sempurna di gunakan di tempat tertentu saja, dan tidak berlaku buat tempat yang lain.


Berikut 8 cara untuk mengetahui harga property yang hendak kita beli :
1). Survei sendiri melalui website / Internet
Cara ini cara paling cepat dan cukup murah. Namun ketersediaannya tergantung dari negara, kota, pemerintah atau sumber isu online yang ada buat tempat tersebut. Silahkan ketik saja di google, Yahoo, atau MSN dengan beberapa kata kunci, menyerupai “Rumah Murah”, “Harga Jual Rumah” dan sejenisnya. Namun biasanya harga yang terncantum di sana yakni harga seruan (harga emosi) dan bukan harga reproduksi atau harga transaksi. Untuk mengetahui harga transaksi, apalagi transaksi yang terjadi belakangan, maka sumber yang terbaik masih tetap biro properti atau forum pemerintah yang memperlihatkan isu wacana harga transaksi properti.

2). Survei dengan Independent Appraiser
Cara ini dilakukan biasanya bila ingin menjual properti tersebut. Si penjual biasanya akan melaksanakan penawaran menurut hasil appraisal / valuation yang di lakukan oleh appraiser. Meski harga ini ditentukan oleh appraiser menurut kriteria-kriteria tertentu, namun pada umumnya, harga ini yakni harga yang sanggup di terima oleh pihak pembeli maupun penjual sebagai patokan harga. Biasanya tergantung penjual apakah akan menjual di bawah harga valuation atau mau menjual di atasnya, ini sanggup tergantung dari kondisi pasar juga. Dalam situasi di mana seruan banyak dan supply sedikit, biasanya penjual akan menjual propertinya dengan harga di atas harga valuation. Sedangkan dalam situasi di mana supply banyak tetapi demand sedikit , maka harga jual sanggup di bawah harga valuation.

3). Mencari Info dari Agen Properti / Broker
Bertemanlah dengan Agen Properti, alasannya yakni mereka yakni sahabat anda dalam berinvestasi properti. Agen Properti merupakan salah satu tempat untuk mengetahui harga transaksi yang terjadi di tempat tententu, dan harga transaksi yang sanggup di peroleh yakni harga transaksi terakhir atau up to date.

4). Melihat Catatan Transaksi dari Pemerintah Setempat / Instansi terkait
Biasanya pemerintah setempat memiliki catatan transaksi properti yang terjadi di daerahnya, sebagai laporan. Oleh alasannya yakni itu sanggup mencari isu di mana atau bab mana pemerintah setempat yang mencatat transaksi yang terjadi di tempat tersebut.
Pemerintah setempat / Instansi terkait mencakup : Kantor Kecamatan, Balai Lelang, Kantor Notaris, BPN, Bank.

5). Tanya tetangga sekitar
Cara ini mungkin lebih sempurna kalau kita pas melaksanakan survei lapangan untuk melihat properti yang akan di jual dan kebetulan di situ ada orang yang sanggup di tanyai mengenai harga properti di tempat tersebut. Kalau dalam satu kompleks biasanya ada beberapa rumah yang dijual, nah sanggup juga membandingkan dengan harga properti yang di jual bersamaan ini.

6).Iklan Koran Lokal
Mungkin hingga dengan hari ini Koran lokal masih sangat efektif untuk mencari property-properti yang di jual dengan harga murah. Anda jangan salah beli, pastikan Koran lokal yang anda beli alasannya yakni targetnya lebih terfokus untuk wilayah sekitar anda.

7).Iklan yang sengaja anda pasang
Anda sanggup mengiklankan diri sebagai investor property dengan dana tidak terbatas, sehingga kalau ada orang yang ingin menjual property akan tertarik menjual kepada anda.

8).Kartu Nama
Kartu nama juga merupakan cara yang efektif. Bisa anda coba, alasannya yakni orang akan menjadi lebih percaya dengan anda alasannya yakni anda berarti serius untuk menekuni bidang property ini.


Tidak ada komentar