Breaking News

Bagaimana Caranya Berobat Ke Luar Negeri Pakai Asuransi Kesehatan?


Asuransi kesehatan memudahkan seseorang guna mendapatkan akses penyembuhan yang lebih baik. Pada sejumlah perusahaan asuransi, jangkauan akses pengobatannya pun diperluas, tidak saja rumah sakit domestik tapi pun luar negeri. Nah, bagaimana metodenya menggunakan asuransi kesehatan andai Anda hendak berobat ke luar negeri? Simak ulasannya di bawah ini.

Kenapa tidak sedikit orang berobat ke luar negeri?

Teknologi dan berpengalaman medis di Indonesia telah berkembang dan semakin maju. Bahkan, pemerintah pun menyediakan lokasi tinggal sakit bertaraf internasional guna menunjang kemudahan dan kecanggihan perlengkapan medis. Namun, minat masyarakat untuk mengerjakan pengobatan ke luar negeri ternyata masih tinggi. Apa sebabnya?

Berdasarkan keterangan dari Kartono Mohamad, Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, seperti dikutip dari Kompas, terdapat beberapa dalil kenapa tidak sedikit masyarakat Indonesia memilih berobat ke luar negeri.

Di antaranya ialah keseluruhan ongkos pengobatan yang ternyata lebih murah, teknologi yang lebih mencukupi atau lebih canggih, serta pelayanan kesehatan yang diterima pasien lebih baik.

Bisakah asuransi kesehatan dipakai untuk penyembuhan ke luar negeri?

Walaupun asuransi kesehatan mempermudah Anda guna membayar ongkos pengobatan lokasi tinggal sakit, masing-masing perusahaan asuransi memiliki kepandaian dan produk yang berbeda.

Misalnya asuransi kesehatan JKN-KIS yang dikeluarkan dan dikelola oleh BPJS Kesehatan. BPJS sampai kini tidak menyerahkan pelayanan untuk penyembuhan yang dilaksanakan rumah sakit luar negeri.

Sementara itu, perusahaan asuransi swasta nasional sudah tidak sedikit yang menyerahkan pelayanan kesehatan sampai ke luar negeri. Apalagi guna perusahaan asuransi swasta internasional, akses penyembuhan ke luar negeri tentunya bakal lebih dipermudah.

Jadi, dapat atau tidaknya asuransi dipakai untuk penyembuhan ke luar negeri tergantung pada asuransi yang kita miliki.

Cara memakai asuransi kesehatan guna berobat ke luar negeri

Sebelum Anda menciptakan asuransi kesehatan, seringkali pihak asuransi akan menyatakan sistem cashless dan reimburse. Kedua sistem ini mesti kita pahami lebih dulu, supaya dapat Anda pakai dan manfaatkan sebaik mungkin. Termasuk guna mengurus ongkos berobat ke lokasi tinggal sakit di luar negeri.

Sistem cashless memberikan fasilitas untuk berobat tanpa menerbitkan biaya. Anda melulu perlu mengindikasikan kartu keanggotaan asuransi pada pihak lokasi tinggal sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi. Kemudian, pihak lokasi tinggal sakit akan memeriksa masa aktif kartu asuransi Anda.

Jika Anda hendak berobat ke luar negeri dengan sistem cashless, pastikan lebih dahulu lokasi tinggal sakit mana yang berkolaborasi dengan pihak asuransi. Selanjutnya, Anda butuh menginformasikan rencana perawatan itu pada pihak asuransi.

Lain halnya dengan sistem reimburse, Anda mesti membayar ongkos pengobatan lokasi tinggal sakit dengan dana sendiri. Kemudian, ongkos pengobatan tersebut dapat digantikan oleh pihak asuransi dengan teknik diklaim. Sebelum berobat, Anda mesti mengerjakan konfirmasi lebih dulu untuk administrator pihak ketiga (Third Party Administrator/TPA).

Setelah menemukan perawatan, kuitansi atau nota pembayaran lokasi tinggal sakit, daftar pemeriksaan, dan surat dokter mesti kita ajukan untuk pihak asuransi guna mendapatkan ganti rugi alias reimbursement.

Tips berobat ke luar negeri dengan asuransi kesehatan

Ada sejumlah hal yang butuh Anda simaklah sebelum memakai asuransi kesehatan guna berobat ke luar negeri, antara lain:

  • Pastikan bahwa polis kita masih aktif dan tidak terdapat tunggakan premi.
  • Pastikan bahwa pelayanan asuransi yang kita pilih memang meluangkan akses berobat ke luar negeri.
  • Pilih lokasi tinggal sakit luar negeri yang berkolaborasi dengan perusahaan asuransi Anda.
  • Pastikan perbuatan dan perawatan yang Anda mau memang ditanggung oleh asuransi, sebab ada sejumlah tindakan laksana operasi plastik kosmetik yang tidak bakal ditanggung asuransi.
  • Lakukan verifikasi terlebih dahulu untuk pihak asuransi untuk penyembuhan dan lengkapi dokumen yang dibutuhkan
  • Mendapatkan konfirmasi jadwal perbuatan medis dari lokasi tinggal sakit yang kita tuju.
  • Pilih ongkos perawatan yang dapat ditanggung oleh pihak asuranasi agar Anda tidak butuh membayarkan selisih biayanya.

Tidak ada komentar