Breaking News

Tips Berburu Matahari Terbit di Candi Gedong Songo


Salah satu lokasi wajib guna berburu daya tarik matahari keluar di Semarang merupakan lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedong Songo. Destinasi wisata ini memang sudah lumayan terkenal, dan menjadi lukisan alam yang estetis saat metahari terbit.

Sebelum kita berburu matahari terbit, baiknya mempersiapkan seluruh yang dibutuhkan. Selain perlengkapan yang mesti dibawa, Anda pun perlu memahami momen-momen apa saja yang mesti didapatkan.

Salah satu keanehan matahari keluar di sini ialah dipungut dari ketinggian, sampai-sampai akan tampak gugusan awan dan gunung-gunung di Jawa Tengah. Selain tersebut matahari pun terbit salah satu candi, sampai-sampai terlihat lebih sakral dibanding lokasi lainnya.

KompasTravel sempat mejajalnya di sela acara Famtip Ha-Ka Hotel Semarang. Berikut tips untuk para pemburu sunrise:

1. Lihat cuaca

Hal utama yang mesti anda perkirakan sebelum berburu momen matahari terbit merupakan cuaca. Jika malam sebelumnya hujan menyiram Semarang, maka esok pagi sangat berkesempatan langit cerah. Anda dapat datang lebih awal, contoh pukul 03.00 WIB guna mengabadikan gugusan bintang atau milky way.

Sedangkan andai tidak terjadi hujan, Anda dapat melihat ketika pagi, apakah langit di Semarang cerah. Lebih baik lagi andai sudah memperkirakan lewat prakiraan cuaca yang ada di gawai Anda.

2. Siapkan perbekalan

Candi Gedong Songo sedang di lereng Gunug Ungaran, dengan elevasi 1.200-1.300 meter di atas permukaan laut. Dari pintu gerbangnya Anda butuh trekking selama 15-20 menit, sehingga lumayan menguras tenaga.

Anda dapat membawa perbekalan minum dan makanan enteng secukupnya cocok anggota keberangkatan, sebab warung-warung di sekitar tujuan ini baru buka menjelang pukul 07.00 WIB.

3. Lensa yang digunakan

Memotret matahari keluar di sini memang tidak menyasar obyek jauh laksana di Phuntuk Setumbu, ataupun lokasi lainnya yang serupa. Obyek depannya yakni candi berada amat dekat, sementara latar belakang awan dan gunung juga terlihat besar dan jelas, sehingga memakai handphone (tertentu) juga bisa.

Namun, teryata terdapat momen-momen unik di dekat gugusan candi itu yang membutuhkan lensa tele (ukuran lensa 100-400). Antara beda momen menyemburnya asap belerang diantara perbukitan, kemudian lutung-lutung yang turun mencari santap setelah matahari terbit.

Keduanya berjarak selama 80 meter dari titik pemungutan gambar matahari terbit, yakni di Candi III, Kawasan Candi Gedong Songo, Semarang.

4. Peralatan tambahan

Peralatan tambahan laksana tripod dan senter mutlak guna dibawa. kita akan mengincar momen di alam yang memerlukan shutter speed rendah, mulai dari 30 detik guna satu frame. Sedangkan tempat kamu mengambil gambar tidak hanya landai, berpengaruh kontur perbukitan.

Senter yang kita bawa sangat bermanfaat saat memanjat ke tempat pemungutan gambar. Medan perbukitan berbatu bakal Anda lalui di sejumlah titik. Oleh karenanya, berhati-hatilah.

Tidak ada komentar