Breaking News

Nyeri Tulang Ekor, Ketahui Penyebabnya


Tulang ekor sakit dapat membuat kita tidak nyaman beraktivitas. Bahkan rasa nyerinya dapat menyebar ke unsur lain laksana pinggul, paha, atau ke rektum. Kalau telah begini, Anda dapat jadi susah duduk, berolahraga, bahkan istirahat pun terganggu. Yuk ketahui lebih dalam seputar nyeri tulang ekor!

Apa tersebut nyeri tulang ekor?

Kondisi tulang ekor sakit dalam medis seringkali disebut dengan coccydynia. Coccydynia atau nyeri tulang ekor ialah kondisi ketika tulang ekor meradang dampak suatu rangsangan, dan alhasil radang ini memunculkan nyeri yang paling mengganggu. Kebanyakan orang yang merasakan coccydynia menikmati rasa sakit yang tumpul (seperti ditekan) dan kejang otot.

Tulang ekor sakit lazimnya akan menciptakan Anda merasa terdapat rasa tertusuk yang tajam di tulang belakang unsur bawah. Rasa sakit tertusuk tajam ini seringkali muncul saat sedang duduk dalam masa-masa yang lama. Rasa sakit ini pun lantas dapat menyebar ke bawah kaki atau ke belakang.

Di samping itu, rasa nyeri ini juga dapat muncul ketika seseorang buang air besar, dan pun saat bersangkutan seks. Bagi wanita, tulang ekor sakit dampak coccydynia ini dapat menimbulkan rasa paling tidak nyaman sekitar masa haid.

Kenapa tulang ekor saya dapat sakit?

Berbagai masalah kesehatan dari yang ringan sampai serius dapat mengakibatkan tulang ekor sakit.

Rasa sakit ini barangkali muncul dampak hal-hal sepele laksana duduk di bangku yang keras terlampau lama atau terbentur sesuatu.

Penyebab nyeri tulang ekor yang sangat umum lainnya merupakan:

  • Trauma ketika melahirkan. Tulang ekor pada permasalahan ini terluka atau bahkan patah ketika proses melahirkan.
  • Kompresi atau tekanan ketika masa kehamilan. Selama kehamilan, semakin besarnya trimester maka desakan ke arah tulang duduk pun akan semakin besar. Ini menciptakan tulang ekor dapat mengalami nyeri lebih mudah
  • Sindrom levator. Ini ialah kondisi yang mengakibatkan kejang otot pada otot anus. Rasa sakit ini bakal menyebar pun ke tulang ekor.
  • Masalah dengan tulang belakang. Misalnya sedang cedera tulang belakang, sedang operasi tulang belakang, ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri di unsur tulang ekor.
  • Kegemukan, entah tersebut overweight atau obesitas. Hal ini dapat menambah tekanan pada wilayah tulang ekor Anda
  • Infeksi atau tumor

Bagaimana teknik mengatasi tulang ekor sakit?

Ada sekian banyak cara yang dapat membantu menanggulangi nyeri tulang ekor Anda.

1. Obat-obatan

Jika rasa nyeri ini sudah paling hebat, minum obat pereda nyeri ialah salah satu teknik yang dapat Anda lakukan.. Anda dapat membeli obat pereda nyeri generik yang dapat dibeli tanpa resep. Contohnya, ibuprofen, aspirin atau acetaminophen.

Di samping obat minum, kita juga dapat menggunakan obat berbentuk krim untuk meminimalisir rasa nyeri.

Pada permasalahan yang telah lebih serius, obat pereda nyeri dan obat krim pun sudah tidak ampuh lagi dan dokter menyarankan untuk memasukan obat suntik langsung ke bagian selama tulang ekor. Dokter bakal menyuntikan obat steroid, atau blok saraf.

2. Melakukan peregangan ringan

Jika Anda lumayan kuat guna berolahraga, usahakan kerjakan peregangan ringan supaya dapat meregangkan otot-otot di dekat tulang ekor.

Namun, memang tidak seluruh orang yang nyeri tulang ekor boleh mengerjakan peregangan langsung. Ini tergantung penyebab nyeri yang muncul. Jika memang kita aman guna berolahraga, silahkan kerjakan peregangan yang melibatkan pergerakan aktif tulang ekor dan otot-otot sekitarnya.

3. Lebih tidak sedikit bergerak

Nyeri tulang ekor seringnya semakin memburuk saat duduk terlampau lama. Maka itu, usahakan, jajaki untuk meminimalisir waktu duduk dan selingi dengan waktu berlangsung selama sejumlah menit.

Atau kita bisa berpindah menggunakan meja berdiri, meja yang menciptakan pemakainya mesti berdiri. Atau pakai bantal donat (yang unsur tengahnya bolong) untuk meminimalisir tekanan pada tulang ekor ketika duduk.

Bila tulang ekor sakit tak kunjung membaik setelah mengerjakan hal tersebut, usahakan segera konsultasikan ke dokter. Pasalnya, dalam sejumlah kasus tulang ekor sakit dapat menjadi suatu tanda dari penyakit kanker atau tumor. Namun, bila sakit diakibatkan karena patah tulang, maka Anda bakal diminta untuk mengerjakan pemeriksaan medis lebih lanjut, laksana rontgen.

Tidak ada komentar