Breaking News

Cara Merawat Luka Bakar Melepuh


Penutup lukabakar sangat penting perannya dalam mengatasi luka terutama pada kulit yang melepuh. Lepuh merupakan gelembung atau benjolan kecil berisi cairan pada lapisan permukaan kulit. Lepuh dikarenakan oleh luka bakar derajat dua pada kulit. Luka bakar bisa terjadi di mana saja, terutama bagi Anda yang setiap hari berhubungan dengan api dan sumber panas lainnya, seperti koki, tukang las, pekerja pabrik yang memakai api listrik, petugas listrik, dan sebagainya. 

Selain itu, banyak juga kasus yang terjadi akibat ketidak sengajaan, seperti terkena air panas dan terkena cipratan minyak saat memasak, dan akibat kecelakaan seperti kebakaran akibat meledaknya tabung gas, listrik korslet, dan lain-lain. PMI (Palang Merah Indonesia) menjelaskan bahwa luka bakar sebagai keseluruhan cedera yang terjadi akibat paparan suhu yang tinggi. Bila kulit Anda melepuh akibat terbakar, pelajarilah cara perawatannya di sini. 

1. Aliri Lepuh Dengan Air Dingin 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan buat mengatasi luka lepuh merupakan mengaliri area yang terbakar dengan air dingin atau suam-suam kuku. Anda juga boleh memakai rendaman air dingin atau mengompreskan kain yang telah dibasahi air dingin ke luka bakar. Terus dinginkan area yang terbakar dengan air selama 10-15 menit. Pastikan buat memakai air yang cukup dingin, tetapi bukan air es. 

2. Oleskan Madu 

Anda boleh memberikan selapis tipis madu pada luka lepuh dan juga buat merawat luka lecet. Madu berkhasiat sebagai antibiotik dan antiseptik yang diketahui bisa membantu pemulihan luka bakar. Oleskan madu perlahan dengan lembut pada area yang terbakar. Madu liar lokal merupakan pilihan yang bagus. Pilihan yang juga bagus lainnya merupakan madu medisinal seperti madu Manuka. 

3. Lindungi Luka Lepuh Dengan Perban 

Area kulit yang melepuh akibat luka bakar sebaiknya dilindungi dengan perban steril, bila memungkinkan. Namun, sisakan sedikit ruang bagi luka lepuh. Buatlah ruang pada perban atau kain penutup luka bakar. Perlindungan ini akan menjaga luka lepuh pecah, teriritasi, atau terinfeksi. Bila perban atau kain kasa tak tersedia, cobalah gunakan kain atau kain bersih sebagai gantinya. 

Bila luka bakar terasa terlalu menyakitkan atau terinfeksi, cobalah memecahkan lepuhnya dengan hati-hati. Pastikan buat selalu mencuci tangan terlebih dahulu selanjutnya membersihkan area sekitar luka dengan alkohol atau larutan iodin buat membunuh bakteri pada permukaan kulit yang melepuh.

Tidak ada komentar