Breaking News

Manfaat Daun Insulin Selain Untuk Menurunkan Gula Darah


Manfaat daun insulin guna diabetes sekitar ini belum sepenuhnya terbukti oleh riset medis. Namun sejumlah riset melaporan daun ini pun tampak berpotensi untuk:

1. Menurunkan desakan darah tinggi

Berdasarkan keterangan dari sebuah riset dari India, efek penurunan desakan darah dari daun costus igneus berasal dari efek diuretiknya yang bekerja serupa dengan obat furosemide. Furosemide ialah obat diuretik yang salah satunya dipakai untuk menanggulangi tekanan darah tinggi.

Penelitian ini mencocokkan efek daun insulin takaran 100 dan 200 mg per kilogram berat badan dengan furosemide per 4 mg/kg. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa costus igneus mempunyai efek penurunan kadar kalium dan natrium yang sama banyaknya dengan efek obat furosemide.

Yang butuh dipahami, pengendapan natrium dan kalium yang terlalu tidak sedikit dalam darah memang berhubungan dengan penambahan tekanan darah seiring waktu.

2. Mengandung antioksidan

Daun insulin diadukan berisi dua senyawa antioksidan mempunyai nama quercetin dan diosgenin bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas pada organ hati, pankreas, dan ginjal tikus yang merasakan diabetes.

Sebuah riset lainnya mengejar bahwa kegiatan antioksidan daun ini tergolong paling tinggi, berada di dekat 89,5% dan 90 persen. 

3. Sifat antimikroba

Ekstrak metanol dari kandungan daun Costus igneus menunjukkan kegiatan antibakteri yang bekerja melawan pertumbuhan bakteri Bacillus megaterium, Micrococcus leuteus, Staphylococcusn aureus, Streptococcus lactis, Salmonella dan bakteri Pseudomonomon aeruginosa negatif.

Ekstrak etanol daun Costus igneus pun ditemukan menunjukkan kegiatan antibakteri dan antijamur terhadap bakteri E. coli dan Candida albicans.

Tidak ada komentar